Monday, July 20, 2015

'Cerita Gue' Ditilang Polisi Di Palembang


Anda pernah ditilang sama polisi? Saya baru saja mengalaminya. Ya, sekitar satu bulan yang lalu. Kejadiannya persis di awal bulan Juni 2015. Hmm...ada-ada saja.

Saya berdomisili di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sehari-hari saya memang menggunakan kendaraan bermotor untuk bepergian, terutama untuk berangkat kerja ngantor. Suatu ketika, saya berencana mengambil sebuah berkas di loket travel. Berangkatlah saya dari kantor menuju tempat travel kondang yang saya belum tahu tempatnya dengan hanya berbekal cerita teman kantor mengenai letak posisi itu loket travel.
Waktu itu kejadiaanya, pagi hari mungkin sekitar jam 9 pagi. Nah, pas lewat IP yang ada pertigaan itu tuh....eng ing eng, pak polisi gagah langsung nyetopin saya. Disuruhnya berhenti melipir kepinggir dan ngasih tahu kalau saya nggak nyalain lampu depan. Dan ternyata lampu saya emang nggak dinyalain, saking kebiasaan matiin lampu depan kalau siang hari. Cacaam... Ok....Pak Polisi, saya ngaku salah. Habis itu, Pak polisi ngeluarin buku peraturan sambil nunjukin ke saya pasal yang dilanggar.

Nggak lama kemudian, SIM saya diambilnya dituker dengan surat tilang warna merah. Saya disuruh dateng tanggal sekian jam sekian. Waktunya 2 minggu setelah kejadian tilang. Sempet was-was juga sih, soalnya ini pertama kali ngalamin ditilang sampe harus disidang segala. Pasrah wes.... Tapi, setelah gugling-gugling, sidang tilang selama itu bukan kesalahan yang fatal-fatal amat, ternyata nggak perlu dirisaukan. Hah...syukurlah.

Dua minggu berselang, saya nggak bisa dateng di sidang tilang. Maklum, kerjaan kantor yang menuntut saya harus ke luar kota. Jadinya belum nyempetin waktu buat ngambil SIM. Baru kemaren sekitar tanggal 9 Juli 2015 saya sempetkan buat mengambil ke Pengadilan Negeri Palembang yang letaknya di Jalan Rivai, sebelahan sama kantor wilayah Kementerian Agama Prov. Sumatera Selatan. Setelah sampe sana, ruangan sidang sepi. Nanya satpam yang ada di situ, katanya berhubung masa sidang saya sudah lewat....saya harus mengambil di Kejaksaan Negeri yang kantornya di pinggir jalan ke arah Jakabaring. Deket-deket Kantor Polresta katanya.  Besoknya, 10 Juli 2015 saya ke sana. Kalo bukan tanggal 11 Juli mau mudik ke Jawa Barat, saya nggak ngoyo-ngoyo amat ngambil ini SIM.

Singkat cerita, sampailah di sana. Pas masuk kantornya, ada abang-abang yang lagi nelpon duduk di tempat resepsionist. Saya langsung bilang mau ngambil SIM. Sama abangnya disuruh nungguin di tempat, sambil saya dimintainya surat tilang. Habis itu, abang tadi masuk ke dalam. Tik...tok...tik...tok.... saya nungguin nggak nyampe lima menit, si abangnya udah dateng ngasihin SIM saya yang terbungkus plastik. Abangnya bilang “Biayanya 120ribu...”. Oke fine, Saya kasih uang pas 120ribu. Tengkyu bang!!! SIM saya sudah kembali. Huhuyyy... Jangan sampe dah ngalamin ditilang lagi.haha... Begitu ceritanya. Gimana ceritamu?

##

6 comments:

  1. Pernah ditilang,
    tapi adikku yang nyetir... belum punya SIM dia, mana naik motornya di kota orang =))
    Panik aku hahaha tapi abis kelar ketawa-ketawa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.....cukup sekali saja saya mengalami, mbak.

      Delete
  2. Mas cak mano kalo hari sabtu kironyo buka dk PN negri di jakabaring , soalnya jum 'at besok sya ga ijut sidang soalnya sibuk tugas kuliah banyak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu sayo, mas. Oia, sorry salah ketik...maksudnyo yg deket porles arah jakabaring itu kejaksaan negeri bukan Pengandilan Negeri.haha... tulisannyo la diedit.

      Delete
  3. kalau hari libur/hari besar Kejaksaan Negeri buka dak yo ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan libur kalau hari libur/hari besar.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>