Tuesday, January 30, 2018

[Reviu Web] dokterbabe.com: Sahabat Sehat Masa Kini

Laju pesatnya era digital zaman now cukup menakjubkan. Bayangkan, hanya dalam waktu empat tahun saja, peningkatan internet di Indonesia terus tumbuh lebih dari 2 kali lipat. Pada 2012, pengguna internetnya ada 63 juta hingga 2016 mencapai 132 juta.

Dengan adanya kemudahan akses internet itu, portal media daring pun mulai banyak bermunculan. Salah satunya yang belum lama ini hadir di jagat internet yaitu dokterbabe.com. Sebuah portal media yang menyajikan informasi seputar dunia kesehatan. Nah, ulasan kali ini saya akan mencoba menyajikan review dokterbabe.com. Berikut ulasannya.

Sebagai pengguna internet, saya terbiasa menikmati beragam informasi melalui portal daring. Dari seringnya membaca berita daring itulah, saya menilai ada beberapa aspek yang harus diperhatikan sebuah website untuk memikat pengunjungnya, antara lain: tampilan website, konten, interactivity (bersifat interaktif), dan iklan yang tidak berlebihan. Empat poin inilah yang menjadi fokus saya dalam mereview website dokterbabe.com


Pertama, tampilan website
Saat pertama kali melihat design tampilan dokterbabe.com ada kesan good looking, rasanya adem di mata. Jika kita perhatikan header bagian atas dokterbabe.com memiliki 5 menu utama yang ditawarkan, yaitu Penyakit, Obat, Kategori, Konsultasi, dan Cari Rumah Sakit. Di menu kategori masih terbagi lagi dalam beberapa sub-sub menu yaitu hidup sehat, kecantikan, Ibu dan bayi, Keluarga, Kesehatan, dan Intim. Berikut ini tampilannya:



Menurut saya design visual-nya cukup oke dan ditunjang juga dengan kemudahan dalam mengakses informasi-informasi yang disajikan, sehingga menjadi daya tarik yang bisa membuat betah pengunjung website. Hal ini penting, mengingat kesan pertama yang baik terhadap interface website bisa memacu pengunjung untuk menggali lebih dalam terhadap konten yang ditawarkan. Overall, tampilannya amazing.


Kedua, konten
Website yang keren adalah website yang mempunyai konten yang bagus. Pernah denger kan ungkapan “Content is the reason search began in the first place” atau ungkapan lainnya yang bilang “Content is King”?

Sebagai portal online di bidang kesehatan, saya merasa dokterbabe.com ini mencakup sebagian besar informasi yang memang dibutuhkan pembaca. Bahkan bagi anda yang ingin tahu terkait nama penyakit dan nama obat, dokterbabe.com menyediakan glosarium-nya.  
Tinggal pilih menu yang akan dicari kemudian kita ketik di kolom pencarian. Misalnya kita ketik Paracetamol, maka akan muncul penjelasan secara detail. 



Wow....mewaah!!

Selain itu, informasi lainnya sudah terstruktur sesuai dengan kategori yang dibagi menjadi beberapa tema-tema tadi, seperti diantaranya artikel-artikel tentang hidup sehat, kecantikan, Ibu dan bayi. Hal tersebut tentu akan memudahkan pembaca dalam menjangkau informasi kesehatan yang dicarinya. Nilai tambahnya lagi, bagi pengunjung yang mungkin sedang mencari lokasi rumah sakit, apotek, dokter gigi, dan klinik, website ini akan membantu memberikan informasinya. Perhatikan sreenshoot berikut:

Ketiga, interactivity (bersifat interaktif)
Poin ini tidak kalah penting selain konten yang dibahas dalam sebuah website. Bersifat interaktif artinya ada feedback dari pengunjung terhadap informasi yang diperolehnya. Apalagi kalau pengunjung bisa berkonsultasi terkait dengan persoalan yang ingin ditanyakan secara gratis. Mantap banget tuh. Nah, website dokterbabe.com ini ternyata membuka lebar-lebar bagi siapa saja yang ingin berkonsultasi. Caranya cukup mudah. 
1. Tinggal daftar (buat akun terlebih dahulu), 
2. Kemudian setelah daftar nanti akan ada link aktivasi masuk di email.
3. Kalau aktivasi berhasil, akan ada pemberitahuan seperti gambar di bawah. 
Perlu diketahui, batas waktu aktivasinya hanya 5 menit dari mulai mendaftar. 


Setelah akun terdaftar, baru kita bisa berkonsultasi dengan mengisi form yang sudah disediakan. Tinggal tunggu jawaban dari dokter. Gimana? Sederhana bukan?

Keempat, jumlah iklan yang tidak berlebihan
Pernah nggak mengalami pas membuka sebuah website yang di dalamnya terdapat seabreg iklan? Atau mungkin lagi enak-enaknya baca artikel, eh...malah tiba-tiba ketutup iklan. Rasanya tentu nggak nyaman. Adanya iklan dalam sebuah website bukanlah sebuah masalah, asalkan jumlah iklannya proporsional. Nah, website dokterbabe.com ini setelah saya amati ternyata clear dari iklan. Nggak percaya? Silakan mampir ke web-nya. 

Sebagai informasi tambahan, dokterbabe.com bisa juga diinstal di hape android via playstore. Ini dia penampakannya:


Kalau sudah terinstal, kapan pun di mana pun kita bisa update informasi-informasi seputar dunia kesehatan. Sangat bermanfaat. Demikian, sekilas review-nya. Jangan lupa untuk terus meng-update informasi seputar dunia kesehatan melalui dokterbabe.com. Salam sehat

Artikel ini disertakan dalam lomba blog review dokterbabe.com

*screenshoot follow media sosial dokterbabe.com



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>