Hai…pals, ada yang pernah ngalamin ketika
kiriman transfer via kliring bank tapi nggak nyampe-nyampe transferannya? Saya
belum lama ini mengalaminya. Sempet was-was juga, nyangkut di mana itu uang
transferan.
Ceritanya saya dikabari sama temen bakal
ditransferin sejumlah uang. Jadinya saya dimintai supaya mengirimkan nomor rekening bank. Ada beberapa
nomor rekening yang saya punya, saya putuskan ngasih nomor rekening Bank
Mandiri Syariah.
Singkat cerita ditransferlah uangnya ke saya. Besoknya
sehabis transfer, temen kantor saya nanyain; ‘uang nya apa sudah masuk?’ Saya
cek via mobile banking, ternyata belum ada uang masuk. Saya pikir mungkin
karena uangnya baru ditransfer, jadi ada jeda masuk ke rekening. Yowes, saya
tunggu aja sambil saya pantau terus via mobile banking maupun internet banking.
Kawan saya juga sudah mengirimkan bukti transferannya. Saya lihat bukti
transfernya ternyata dikirim via kliring Bank Sumsel Babel. Jadinya saya tenang-tenang
saja.
Berikutnya hampir setiap hari sampe kurang
lebih 4 hari kerja, saya pantau terus via mobile banking, ternyata belum ada
sama sekali uang masuk. Akhirnya, saya putuskan mengeceknya ke ATM langsung
yang ada di bank BSM karena barangkali mobile banking saya yang sedang eror.
Pas cek via atm saldonya tidak ada penambahan. Heran,
sudah empat hari kerja kenapa masih belum masuk padahal sudah ada bukti
transferan. Kebetulan saya mengeceknya di atm dekat bank BSM nya, jadi lansung
saya tanyakan ke bank BSM nya via customer service (cs). Setelah saya ceritain
kondisinya, jawaban dari customer service BSM adalah saya disuruh konfirmasi ke
si pengirim yang melakukan transfer untuk menanyakan kembali apakah terjadi
kendala, karena dari bank penerima (BSM) tidak ada masalah. Katanya kalaupun
terjadi masalah transfer biasanya suka ada retur/pengembalian.
Oke…fine. Sebelum saya mengontak ke si
pengirim, saya coba iseng nyari-nyari IG-nya bank sumsel babel, niatnya pengen
kontak ke nomor aduan pelanggan yang biasanya ada di setiap bank. Setelah
ketemu IG-nya, nemu juga nomor pengaduan pelanggannya, langsung cus…saya telp.
And…ternyata jawabanya kurang lebih sama, saya disuruhnya mengkonfirmasi ke si
pengirim yang melakukan transfer untuk mengecek kembali ke bank tempat
melakukan transfer dengan membawa bukti transfer dan buku tabungan, bilangnya
sih untuk memastikan sampai di mana proses transfernya.
Yasuds, saya mengontak orangnya dan saya
ceritain juga kondisinya. Intinya saya minta tolong agar blio ke bank sumsel
babel untuk mengecek lagi transferannya.
Setelah blio memastikan lagi ke bank sumsel
babel, dan taraaaa….benar ada kendala rupanya. Katanya rekening saya terbaca
nya sudah tidak aktif. What? Tidak aktif? Kok bisa, padahal rekening itu biasa
saya pake untuk kegiatan transfer dan
narik uang sehari-hari. Saya sih langsung bilang, nggak mungkin
rekeningnya tidak aktif. Daripada kelamaan saya kasih lagi nomor rekening
lainnya, ke rekening BRI.
Dan ternyata proses transferan tidak bisa
dialihkan rekening lainnya karena alasannya saya agak lupa katanya karena apa
gitu. Akhirnya dicoba lagi transfer ke rekening semula yaitu rekening BSM. Dan
kali ini berhasil. Yeaaaay…. Alhamdulillah…
Jadi, kesimpulannya kalau ada yang terkendala
transferan kliring langsung pastikan saja ke si pengirim melalui bank transaksi
di mana transfer dilakukan, apakah ada kendala proses transfernya? Biasanya
suka ada pemberitahuan kalau memang transfer kliring tersebut terjadi gagal
transfer.
No comments:
Post a Comment