Sunday, June 12, 2011

Warna-warni Buah

Sumber buku: CARA CERDAS untuk SEHAT (dr. Surya Sugani & Lucia Priandarini)
“Rahasia Hidup Sehat Tanpa Dokter”



Buah dan Sayur: Camilan Terbaik
Makan buah dan sayur akan membuat Anda merasa kenyang. Selain sehat, makanan jenis ini hanya mengandung sedikit kalori, tidak mengandung lemak, serta mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi lainnya. Salad sayur dan buah, serta buah potong merupakan camilan yang baik.

Warna-warni buah
Warna-warni buah dan sayur bukan sekadar pembeda jenis antara buah dan sayur yang satu dengan yang lainnya. Warna tersebut juga menyatakan informasi kandungan nutrisi yang terdapat dalam masing-masing buah dan sayur. Pilih dan kenalilah buah dan sayuran Anda secara optimal agar camilan Anda memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari, bukan justru meracuni tubuh.Berikut ini adalah beberapa jenis warna buah dan sayur beserta kandungan yang terdapat di dalamnya.


Merah tua atau ungu
Buah dan sayur berwarna merah tua – atau yang hampir mendekati ungu – umumnya mengandung anthocyanin. Ini adalah sejenis antioksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Buah dan sayur yang berwarna ini antara lain: cherry, blackberries, blueberries, plum, prem, anggur merah dan ungu, terong ungu, apel merah, kol ungu, pir merah, dan cabai merah.

• Merah
Buah yang berwarna merah mengindikasikan kandungan anthocyanin dan lycophene. Anthocyanin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan lycophene menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar Anda tidak mudah pikun. Lycophene juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker. Contoh buah: semangka, stroberi, tomat, dan jambu biji merah. Sedangkan warna merah pada sayuran menandakan bahwa sayuran itu mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Contoh sayuran: kol merah dan bayam merah.

• Jingga atau kuning
Buah berwarna jingga dan semua buah-buahan yang memiliki daging buah berwarna jingga mengandung betakaroten. Betakaroten berfungsi untuk menghambat proses penuaan, meremajakan sel-sel tubuh, dan memacu sistem kekebalan sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jenis sayuran berwarna jingga ini adalah ubi jalar, labu kuning, dan wortel. Sedangkan buah berwarna jingga adalah melon jingga, pepaya, aprikot, mangga, dan jeruk.

• Kuning
Buah berwarna kuning kaya akan kalium, unsur nutrisi yang sangat bermanfaat untuk mencegah stroke dan penyakit jantung koroner. Contoh buah: belimbing, nanas, dan pisang. Sedangkan jenis sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.

• Hijau
Buah berwarna hijau banyak mengandung asam kalegat yang ampuh melawan berbagai bibit sel kanker. Asam alegat membantu menormalkan tekanan darah. Sedangkan sayuran berwarna hijau banyak mengandung vitamin C dan B kompleks. Contoh buah avokad, melon, dan anggur hijau. Selain itu, juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakaroten, dan seratnya. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik. Contoh sayuran: bayam, caisim, sawi hijau, bokcoi, brokoli, dan daun singkong.

• Putih
Selain ampuh menjaga kesehatan system pencernaan, sayuran berwarna putih dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Sayuran berwarna putih antara lain taoge, kol, kembang kol, sawi putih, rebung, dan jamur. Sedangkan buah berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng, dan leci.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>