Tuesday, August 6, 2013

Dejavu Mudik Lebaran




Belum hilang dari ingatan saat mudik lebaran yang bikin “gereget” tahun 2012 kemaren. Mudik lebaran tahun ini pun nyaris sama. Sama-sama bikin nyesek. Macetnya itu minta ampun. Hadeh.

Rekor terlama waktu (*gara-gara macet) yang saya habiskan selama perjalanan Jakarta-Kuningan sekitar 28 jam (ini waktu mudik tahun 2012 kemaren). Mudik lebaran tahun ini agak “baikan” sekitar 23 jam. Waktu segitu itu hitungannya udah dari terminal bis di jakarta nyampe rumah. Padahal kalo mau dihitung total dari bandara mah bisa lamaan dikit. Secara di bandara nungguin barang-barang keluar dari bagasi pesawat juga udah sekitar satu jam-an. Belum lagi perjalanan dari bandara ke terminal bis, itu juga udah di atas satu jam.

Sebenernya mah maklum juga sih, ya namanya juga lagi musim-musimnya mudik, wajarlah kalo jalanan macet. Yang jadi persoalannya adalah kenapa saya musti masuk ke lubang yang sama untuk yang kedua kali. 

Saya akui, ini memang salah saya yang kurang antisipasi dan kurang belajar dari pengalaman mudik tahun 2012. Udah tahu bakalan macet, kenapa pula saya pake kendaraan bis. Padahal nii menurut cerita temen saya yang juga orang kuningan, kalo kita pake jalur kereta api kita akan berhemat waktu di jalanan berlipat-lipat. Naik dari stasiun gambir menuju stasiun cirebon waktu yang dibutuhin CUMA TIGA JAM saja (Uwoooooo....jauh banget kan bedanya). Habis itu sisanya cirebon-kuningan palingan 1 sampe 2 jam lah semacet-macetnya.

Betapa cupunya saya ini. Mungkin karena udah latah bawaan kuliah di Jakarta kalo mudik itu naiknya bis, jadinya naik bis mulu kalo mudik. Buat mudik-mudik berikutnya saya sepertinya akan beralih naik kereta. 

Mudah-mudahan saya diberiakan panjang umur sehingga bisa dipertemukan dengan ramadhan-ramadhan berikutnya dan mudik-mudik berikutnya.

Semoga.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>