Thursday, April 18, 2013

[Review Buku] Anda Harus Galau


Judul     : Anda Harus Galau
Penulis  : Da'i Muhammad Azhari
Terbit    : 2013
Penerbit : Da'i Muda Publishing Indonesia
Tebal    : 141 halaman
Harga    : Rp 49.900,-

Buku karya Da’i Muda Muhammad Azhari ini membicarakan tentang g4lau. Galau-nya juga bukan sembarang galau cuy. Kalo bahasa gahul di sampul bukunya mah katanya “bukan galau biasa”. Cocok lah dibaca buat kitorang yang keseringan menggalaukan hal-hal yang bersifat keduniawian saja.haha... (*denny lebay!!!) Nggak ding, siapa aja cocok kok membaca buku ini. In Shaa Allah, ada manfaatnya. 

Dari pertama kali saya membaca judul bukunya, saya jadi penasaran dengan isinya. Judulnya “ANDA HARUS GALAU”. Hmmm...apo dio gerangan yang beliau tulis. Kok disuruh galau? Akhirnya saya putuskan untuk membeli buku ini. Saya membelinya melalui jejaring sosial facebook. Jadi ceritanya nih, waktu sayah lagi pesbuk-an....eh, saya nemu status fb ustadz Azhari yang mengiklankan buku perdananya ini. Saya komen tuh, kalo saya pesen satu. Alhamdulillah...komen saya dibales sama ustadz Azhari.xixixi... Saya disuruh pesen ke nomor yang tertera di statusnya. Langsunglah saya sms. Kemudian saya disuruh sama “admin sms” tadi buat transfer uang ke no rek-nya (uang pembelian buku+biaya kirim) dan tak lupa saya pun dimintai untuk mengirimkan alamat pengirimannya. Saya bales sms-nya dan langsung hari itu juga saya mentransfer uangnya. Singkat cerita, selang tiga hari kemudian alhamdulillah sampe juga nii buku di tangan saya. 

 Oia, sebelumnya apa ada yang masih bertanya-tanya tentang siapa sih sosok da’i Azhari ini? Buat yang dulu pernah mengikuti Da’i Muda Pilihan ANTV yang disiarin sekitar akhir tahun 2011 sampe awal tahun 2012 lalu mungkin sudah tidak asing lagi. Saya sendiri terkagum-kagum setiap kali da’i Azhari ini tampil di acara itu. Dengan usia yang masih sangat muda (*akhir tahun 2011, usia beliau masih 17 tahunan), beliau sudah memiliki wawasan agama yang bagi saya “Wooow banget”. Maklum mungkin karena usia saya yang lebih sepuh dari beliau, sementara ilmu agama saya juga baru setetes jadinya saya merasa da’i Azhari ini orangnya keren paraaaah. Muda, cerdas, ganteng, berwawasan luas, fantastik, kharismatik, cool, number one, dan lain sebagainya. Fiuh...dahsyat!!! Sosok pemuda yang bisa dibilang langka di Indonesia. Luar biasaa!!! I am so proud of you, da’i Azhari. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan merahmati ustadz beserta keluarga juga. Aamiin.

Oke...kita kembali ke isi buku “ANDA HARUS GALAU”

Buku ini terdiri dari 7 Bab. Segala hal-hal tentang galau dikupas tuntas di sini. Galau-galau yang dianjurkan (galau hakiki) dan galau-galau yang tidak dianjurkan (galau sesat). Tidak dipungkiri memang kehidupan kita ini kerap kali dilanda galau. Termasuk saya sendiri juga sudah pernah mengalaminya. Jadinya untuk Anda-Anda para galauers, buku ini bisa jadi alternatif bacaan yang bisa menambah wawasan kita tentang “rasa galau” yang kerap datang menghampiri kita. (duileee...bahasamu den!!!)

Bagi saya pribadi, setidaknya ada dua pelajaran yang bisa saya petik setelah membaca buku ini. 

Pelajaran pertama adalah, apakah selama ini galau kita sudah benar? Maksud saya adalah sudahkah kita menggalaukan sesuatu itu karena Allah. Dosa-dosa kita yang makin banyak, sholat kita yang sering nggak khusu’ dan nggak tepat waktu, sedekah kita yang jarang dan kadang sering muncul rasa ewel tiap kali mau bersedekah, juga amalan-amalan lainnya yang serba pas-pasan. Sementara kita mengharapkan kelak kita bisa masuk surga. Hahaha...sungguh ironi. Usia di dunia semakin sedikit, amalan kita seuprit, tapi dosa-dosa malah membukit. Begitulah saya manusia. (Halah....kenapa si denny jadi kayak ceramah gini tulisannya? Hadeh...biarlah) >,<

Kemudian pelajaran kedua, saya diingatkan tentang akan datangnya kematian. Nggak tua, nggak muda, kaya, miskin, semuanya sudah divonis akan mati. Di buku ini bahasannya ada di halaman 64. Silakan baca sendiri ya. Tak perlu saya bahas ulang...hehe,

Kurang lebih, seperti itu pemirsa. Uraian singkat buku “ANDA HARUS GALAU” karya Da’i Muda Azhari ini. Biar lebih jelasnya silakan di baca bukunya. Beli di gramed ato kalo di gramed nggak nemu silakan bisa pesen langsung sama penulisnya. (*yeeee....malah promosi).

Bagaimanapun saya berharap semoga akan ada Da’i Azhari...Da’i Azhari berikutnya yang bisa menjadi inspirasi generasi muda Indonesia yang tentunya bisa membawa Indonesia tercinta ini ke arah yang lebih baik. 

Buat Da’i Azhari, saya salut sama Anda. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan perjuangan dakwah Anda. Sebagai penutup, berikut ini adalah pantun dari seorang Dicky Chandra untuk Da’i Azhari yang masih terngiang-ngiang di telinga saya:

“...Menari-nari burung kenari
Menikmati harum bunga melati
Tetap semangat engkau Azhari
Karena masa depan berseri telah menanti...”

*end*

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>