Sunday, December 16, 2012

Palembang, Here I Come !!!



“Purnama diatas Ampera, cantiknya. Kilaunya memantul di riak-riak Sungai Musi”
Tweet Evan Ipunk Saputra, 9 Januari 2012

*My First Day at Palembang
Saya sudah terbiasa hidup jauh dari orang tua. Terutama  empat tahun terakhir ini. Tiga tahun kuliah dan sisanya saat magang kemarin. Kadang saya merasa cemas dan ada sedikit perasaan khawatir di saat saya harus jauh dari keluarga. Rasa cemas yang tidak beralasan memang. Dulu saya sendiri punya keinginan untuk bisa hidup lebih mandiri dengan tidak terus-terusan berada di rumah. Dan keinginan itu sudah saya rasakan kurang lebih empat tahun lamanya saya hidup di Jakarta.

Sekarang perjalanan baru untuk hidup jauh dari mereka kembali dimulai. Kali ini Palembang, Sumatera Selatan akan menjadi tempat hidup saya berikutnya. Untuk hari ini dan beberapa tahun ke depan (*mungkin). Asal muasal saya bisa “terbang” ke Palembang adalah hasil pengumuman penempatan kemaren.
Well, saya belum pernah ke Palembang dan tidak tahu banyak tentang seluk beluk kota ini. Hanya tahu sedikit dari cerita-cerita teman saya kuliah yang orang Palembang. Lets see, kira-kira pengalaman apa yang nanti akan saya alami di kota ini.

Semoga Allah senantiasa melindungi saya di mana pun dan kapan pun. Aamiin.

Awalnya Sumatera Selatan bukanlah pilihan pertama saya sewaktu mengisi polling penempatan. Waktu itu pada mulanya saya memilih Riau, Bali, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, dan Lampung di deretan lima besar pilihan teratas. Tapi detik-detik terakhir sebelum saya mengisi poling penempatan, saya sempat minta pendapat keluarga terlebih dahulu dan mereka “menganjurkan” saya memilih Palembang sebagai pilihan pertama untuk destinasi hidup saya berikutnya. Akhirnya saya geser Sumatera Selatan (Palembang) menjadi pilihan pertama.
Selang beberapa minggu kemudian, pengumuman keluar. Dan wow...tidak dinyana Palembang yang merupakan pilihan pertama saya langsung tembus. Padahal kalau melihat IPK saya, nggak ada yang istimewa. Biasa saja. Apakah mungkin hasil penempatan saya kemarin itu dipengaruhi oleh keridhoan orang tua juga? I don’t know. Kalau saya melihat temen-temen yang lain, tidak sedikit mereka yang dapet penempatan di urutan yang kesekian dan tidak sesuai dengan harapan. Bahkan ada yang sampe nangis segala pas lihat hasil pengumuman penempatan. *hadeuh
Begitulah...nasib...nasib.
Yasudah...sekarang kita ngomongin Palembang saja ya.hehe.. Berhubung Palembang akan menjadi tempat hidup saya berikutnya, sengaja saya mencoba mencari tahu tentang kota yang satu ini. Setelah saya googling-googling dan sedikit mendapat cerita dari temen tentang Palembang, cukup dua bagian saja yang saya bahas: pertama, tentang kulinernya dan kedua tentang tempat-tempat wisatanya. Ok?!! (*maunya yang enak-enak aja Dennyyy!!!!)
1.  Kuliner
Beberapa kuliner khas Palembang diantaranya:
a.    Pempek

                                                              
Denger nama kota Palembang, pasti nggak jauh-jauh dari yang namanya pempek. Iya kan? Makanan khas kota Palembang ini memang sudah sudah tidak asing lagi kita dengar. Dan ternyata, hasil survey saya di dunia maya, pempek ini banyak macemnya. Ada Pempek Keriting, Pempek Pastel, Pempek Lenjer, Pempek Telur Besar dan Kecil, Pempek Adakan dan Otak-otak. Hmm...boleh nih ntar saya coba satu-satu. ;)

b.    Kerupuk Kemplang

                                                      
                                                           
Ada lagi katanya makanan khas palembang berikutnya adalah Kerupuk Kemplang. Kerupuk berbahan ikan ini yang saya bayangkan adalah bau ikannya itu yang kagak nahan. ;p

c.     Tekwan

                                                     
                         
Tekwan, makanan khas Palembang dengan tampilan mirip sup ikan. Kayaknya enak nii.

d.    Laksan

                                                     
Laksan ini katanya berbahan dari pempek lenjer tebal yang dipotong melintang dan kemudian disiram kuah santan pedas.

e.    Tempoyak
Kalo tempoyak ini denger-denger berbahan daging durian yang ditumis. Ada irisan cabe dan bawangnya. Kayak ini nii: 

                                                  
                                                               
 Ngomong-ngomong soal durian, temen saya pernah bilang kalo di Palembang juga banyak duriannya lho. Wah...pas banget. Buah yang satu ini suka sangaaatts saya.haha.
                                                                
f.     Kue srikayo

                                                     
Kue Srikayo, bentuknya mirip puding, warnanya hijau ini biasanya disantap dengan ketan dan kata orang rasanya manis dan legit.

Itu saja beberapa kuliner khas Palembang yang bisa saya tampilin di sini, sisanya ntar lah saya menjelajah sendiri.

2.   Tempat wisata
Nah, untuk tempat wisatanya yang cukup tersohor di Provinsi Sumatera Selatan ini (setelah saya bergoogling ria), beberapa diantaranya didapatlah hasilnya berikut ini nih:
a.       Air Terjun Temam

Tempat Wisata Alam Air Terjun Temam Lubuk Linggau
                                                                           

b.      Air Terjun Bidadari

Objek Wisata Air Terjun Bidadari terletak di Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Lahat
                                                                         
                           
c.       Sungai Manna

Sungai Manna di wilayah Kecamatan Tanjungsakti Kabupaten Lahat
                                                                                                      
d.      Candi Bumi Ayu

Objek Wisata Candi Bumi Ayu terletak di Desa Bumiayu Kecamatan Tanah Abang
                                                        
Sengaja saya nggak menggambarkannya lewat kata-kata. Saya juga kan belum pernah ke sana, gimana mau nyeritain. ;)

Cukup foto-fotonya saja lah.

Ada juga tuh yang sering saya denger di tipi kalo ngomongin kota Palembang, tidak lain tidak bukan dia adalah Sungai Musi dan Jembatan Ampera-nya. Wohooo... Selain itu, buat yang suka naik gunung di Sumatera Selatan juga ada Gunung Dempo. Siph...lah. Saya sih sebenernya sudah kepikiran pengen naik gunung itu. Semoga kesampaian dan semoga saya betah tinggal di sini. Aamiin.

Salam Wong Kito Galo.
*Palembang, the spirit of South Sumatera


8 comments:

  1. Wah... Keren, saya juga ingin bisa berkelana mbak. Sudah berapa lama di palembang mbak? semoga betah dan ditunggu cerita-ceritanya di sana? :)

    Salam kenal dari saya.. :)
    (www.ernybinsa.blogspot.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru sekitar 2 hari di Palembang.hihi... Salam kenal juga mbak Erny. Manggil saya jangan mbak atuh, saya kan pria sejati. Ok?! >,<

      Delete
    2. Oh iyaaaa maaf... :D

      tertipu alamat blog nya, sebening embun.. xixi

      Delete
  2. kl Palembang sy cuma tau crt dr mamah mertua, tp blm juga berkesempatan kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mertuanya orang palembang toh mbak? ;)
      Saya juga ini baru menjajal kota pempek.hehe...

      Delete
    2. meski belum pernah ke Palembang, tapi saya doyan banget pempek. jarang nemu pempek enak di jakarta/bekasi. sekalinya nemu yang enak di Gaby (daerah bekasi), wiiih... seneng deh :9

      Delete
    3. Hehe...iya bu dokter, di sini aroma pempek tercium di mana-mana.hehe...

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
a>